Senin, 27 Mei 2013

Tanaman Bau-bau

Bahasa tiong hua Cao Cao saya kurang tahu bahasa indonesianya tapi ada orang menberi nama rumput bau-bau. Tanaman ini mempunyai fungsi berikut:
  1. Bagi remaja yang banyak jerawat boleh konsumsi katanya bisa mengurangi jerawat, petik daunya dan rebus makan, rasanya pahit kepedasan
  2. Untuk obat luar, gatal gatal, jemur kering daunnya dan celup (makin lama makin bagus bertahun-tahun pun masih berguna) ke minyak kayu putih, cocok untuk anak kecil (balita), orang yang sering sakit perut, perut kembung (ingat Obat luar tidak dikonsumsi). kalau sudah habis minyak kayu putihnya tambah terus yang baru. khusus untuk balita, minyak kayu putihnya harus gosok ditangan terlebih dahulu agar tidak kepedasan ke kulit anak bayi.
  3. Untuk teman yang terjadi kecelakaan yang pendarahan dalam, boleh ambil daunnya dan peras air setetes campur ke arak putih cangkir kecil teh dan minum.
  4. Untuk mitos, anak yang nakal masih balita petik daun nya gosok daunnya dan oles ke muka balita, nanti anaknya tidak nakal lagi.


5 komentar:

  1. Bagaimana cara pembibitannya apakah mempunyai biji?

    BalasHapus
  2. Maaf lambat balas, jarang buka blog. Tanaman ini tidak ada biji. cara tanamnya dengan teknik stek, seperti tanam ubi kayu. tanam dengan stek butuh 1 bulan baru ada akar baru. jadi susah untuk tanamnya.

    BalasHapus
  3. Nama tanaman ini kalo gak salah "inggu" ,coba search apa sama daunnya.

    BalasHapus